Senin, 15 April 2013

Grafika komputer Circle and Threeleaf

Posted by Perkasa Siregar On 00.22 | No comments

Grafika komputer 

(Circle and Threeleaf)

Grafika komputer (InggrisComputer graphics) adalah bagian dari ilmu komputeryang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D,pemrosesan citra (image processing), danpengenalan pola (pattern recognition).Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Aplikasi grafika komputer
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi

Pembagian grafika komputer

Bagian dari grafika komputer meliputi:
  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Sedikit latihan mari kita membuat sebuah Circle and Threeleaf menggunakan delphi.
Perancangan program untuk penggambaran Circle and Threeleaf pendekatan fungsi parameter dapat dilakukan dah berikut :
  1. Jalankan Delphi. 
  2. Setelah muncul Form baru pada halaman Delphi, maka tambahkan komponen Button1 pada halaman Form1. Atur properti Captionnya dengan nama Proses
  3. klik 2x pada Button1 dan ketikkan listing dibawah ini.
  4. Berikut coding untuk mempelajari Grafika Komputer

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var r,d,c,x,y,theta,thetf: real;
    a,xc,yc:integer;
    c1,x1,y1,theta1,theta_b1:real;
    r1,xc1,yc1:integer;
begin
    a:=100;xc:=180;yc:=120;
    thetf:=0.0;
    d:=2*PI;
    theta:=d;
    c:=1/a;
    while (thetf<theta) do
    begin
        r:=a*cos(7*thetf);
        x:=r*cos(thetf);
        y:=-r*sin(thetf);
        canvas.pixels[trunc(xc+x),trunc(yc+y)]:=clblue;
        thetf:=thetf+c;
    end;

    //=========================== bulat besar

    r1:=110;xc1:=180;yc1:=120;
    c1:=1/(r1);
    theta1 :=0.0;
    theta_b1:=2*PI;
    while (theta1<theta_b1)do
    begin
        x1:=xc1 +r1*cos(theta1);
        y1:=yc1-r1*sin(theta1);
        canvas.Pixels[trunc(x1),trunc(y1)]:=clgreen;
        theta1:=theta1+c1;
    end;

    //========================== bulat kecil
    r1:=20;xc1:=180;yc1:=120;
    c1:=1/(r1);
    theta1 :=0.0;
    theta_b1:=2*PI;
    while (theta1<theta_b1)do
    begin
        x1:=xc1 +r1*cos(theta1);
        y1:=yc1-r1*sin(theta1);
        canvas.Pixels[trunc(x1),trunc(y1)]:=clred;
        theta1:=theta1+c1;
    end;
end;

SEKIAN DAN TERIMA KASIH KOMENTAR YA...


0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About